TELEMATIKA
A.
Definisi
Telematika
Kata
telematika berasal dari istilah dalam bahasa Perancis telematique, yang atinya
adalah sebuah gabungan sistem jaringan komunakisa dan teknologi informasi (
Telecomunication and Informatics ) sebagai wujud dari perpaduan konsep
computing and communication . Istilah telematika juga dikenal sebagai ( The New
Hybrid Technology ) yang lahir karena perkembangan teknologi digital. Istilah
telematikan juga merujuk pada hakekat cyberspace, yaitu sebagai suatu sistem elektronik
yang lahir dari perkembangan dan konvergensi telekomunikasi, media dan
informatika.
Telematika
adalah sarana komunikasi jarak jauh melalui media elektromagnetik. Kemampuannya
adalah mentransmisikan sejumlah besar informasi dalam sekejap, dengan jangkauan
seluruh dunia, dan dalam berbagai cara, yaitu dengan perantaan suara (telepon,
musik), huruf, gambar dan data atau kombinasi-kombinasinya. Teknologi digital
memungkinkan hal tersebut terjadi. Jasa telematika ada yang diselenggarakan
untuk umum (online, internet), dan ada pula untuk keperluan kelompok tertentu
atau dinas khusus (intranet).
B. Tren Telematika di Indonesia
Perkembangan teknologi
informasi saat ini sudah cukup canggih apalagi dengan banyak diciptakannya
media teknologi yang hanya dengan satu alat bisa memiliki banyak fungsi.
Seperti yang bisa kita lihat saat ini kemajuan teknologi handphone. Awalnya
teknologi ini hanya digunakan untuk media komunikasi, tetapi bisa dilihat saat
ini banyak berbagai merk handphone yang menyediakan fasilitas canggih
didalamnya.
Internet juga merupakan hasil
pekembangan teknologi informasi yang saat ini digunakan oleh hampir semua orang
didunia. Dengan pemanfaatan internet kita bisa memperoleh informasi – informasi
yang kita butuhkan tanpa harus datang ketempat sumber informasi itu berada.
Selain itu kita bisa berkomunikasi dengan orang dari jarak jauh. Dengan
kemajuan telematika yang ada saat ini menurut saya perkembangannya pasti akan
jauh lebih baik karena manusia pasti akan menciptakan teknologi yang baru, kerena
kebutuhan manusia itu tidak terbatas dan manusia sendiri tidak akan pernah
puas.
C. Perkembangan/
Sejarah Telematika di Indonesia
Telematika, pada awalnya
dikembangkan disisi internet. Ketika komputer tersebar luas kebutuhan akan
suatu cara mudah untuk menukar data tumbuh berkembang. Ini adalah ketika
teknologi telekomunikasi telah digunakan untuk menghubungkan antar computer dan
kemudian telematika dilahirkan. Telematika adalah jawaban dari keprihatinan
yang terjadi pada tahun 1976 di Perancism ketika itu perkembangan aplikasi
computer telah merubah organisasi ekonomi dan social masyarakat. Istilah
telematika pertama kali digunakan pada tahun 1978 oleh Simon Nora dan Alain
Minc dalam bukunya L'informatisation de la Societe. Istilah telematika yang
berasal dari kata dalam bahasa Perancis telematique merupakan gabungan dua
kata: telekomunikasi dan informatika.
Di Indonesia, perkembangan teknologi
telematika mengalami tiga periode. Pertama adalah periode rintisan yang
berlangsung akhir tahun 1970-an sampai dengan akhir tahun 1980-an. Periode
kedua disebut pengenalan, rentang waktunya adalah tahun 1990-an, dan yang
terakhir adalah periode aplikasi. Periode ketiga ini dimulai tahun 2000.
1.
Periode Rintisan
Sejarah telematika mulai ditegaskan dengan digariskannya arti telematika
pada tahun 1978 oleh warga Prancis. Mulai tahun 1970-an inilah Toffler
menyebutnya sebagai zaman informasi. Namun demikian, dengan perhatian yang
minim dan pasokan listrik yang terbatas, Indonesia tidak cukup mengindahkan perkembangan
telematika. Memasuki tahun 1980-an, pembelajaran teknologi informasi,
telekomunikasi, multimedia, mulai dilakukan.
Jaringan telpon, saluran televisi nasional, stasiun radio nasional dan
internasional, dan komputer mulai dikenal di Indonesia, walaupun penggunanya
masih terbatas. Ini di latar belakangi oleh kepemilikan satelit dan
perekonomian yang meningkat dengan diberikannya penghargaan tentang swasembada
pangan dari Perserikatan Bangsa- bangsa (PBB) kepada Indonesia pada tahun
1984.Setahun sebelumnya di Amerika Serikat, tepatnya tanggal 1 Januari 1983,
internet diluncurkan. Penggunaan teknologi telematika oleh masyarakat Indonesia
masih terbatas. Periode rintisan telematika ini merupakan masa dimana beberapa
orang Indonesia belajarmenggunakan telematika, atau minimal mengetahuinya.
2. Periode
Pengenalan
Periode satu dasawarsa ini, tahun
1990-an, teknologi telematika sudah banyak digunakan dan masyarakat
mengenalnya. Jaringan radio amatir yang jangkauannya sampai ke luar negeri
marak pada awal tahun 1990.Internet masuk ke Indonesia pada tahun 1994. ISP
(Internet Service Provider) pertama di Indonesia adalah IPTEKnet, dan dalam
tahun yang sama, beroperasi ISP komersil pertama, yaitu INDOnet. Hal ini juga
didukung dengan hadirnya televisi swasta nasional, seperti RCTI dan SCTV pada
tahun 1995-1996.
Teknologi
telematika, seperti komputer, internet, pager, handphone, teleconference,
siaran radio dan televise internasional - tv kabel Indonesia, mulai dikenal
oleh masyarakat Indonesia. Periode pengenalan telematika ini mengalami lonjakan
pasca kerusuhan Mei 1998.
3. Periode
Aplikasi
Awal era millennium inilah,
pemerintah Indonesia serius menagngapi perkembangan telematika dalam bentuk
keputusan politik. Kebijakan pengembangan yang sifatnya formal "top-down"
direalisasikan dengan dikeluarkannya Keputusan Presiden No. 50 Tahun 2000
tentang Tim Koordinasi Telematika Indonesia (TKTI), dan Instruksi Presiden No.
6 Tahun 2001 tentang Pendayagunaan Telematika. Selanjutnya, teknologi mobile
phone begitu cepat pertumbuhannya. Bukan hanya dimiliki oleh hampir seluruh
lapisan masyarakat Indonesia, fungsi yang ditawarkan terbilang canggih.
Teknologi komputer demikian, kini hadir dengan skala tera (1000 Gigabyte),
multi processor, multislot memory, dan jaringan internet berfasilitas wireless
access.
Terkait dengan hal tersebut, Depkominfo
mencatat bahwa sepanjang tahun 2007 yang lalu, Indonesia telah mengalami
pertumbuhan 48% persen terutama di sektor sellular yang mencapai 51% dan FWA
yang mencapai 78% dari tahun sebelumnya.Namun demikian, telematika masih perlu
disosialisasikan lebih intensif kepada semua lapisan masyarakat tanpa
terkecuali. Selama perkembangan telematika di Indonesia sekitar tiga dasawarsa
belakangan ini, membawa implikasi diberbagai bidang. Kemudahan yang disuguhkan
telematika akan meningkatkan kinerja usaha, menghemat biaya, dan memperbaiki
kualitas produk.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar