Senin, 29 September 2014

PENGERTIAN GRAFIK KOMPUTER DAN PENGOLAHAN CITRA

ILMU GRAFIK KOMPUTER DAN PENGOLAHAN CITRA

PENGERTIAN ILMU GRAFIK KOMPUTER

             Ilmu Grafik Komputer atau grafika computer (computer graphics) merupakan proses untuk menghasilkan atau menciptakan suatu gambar berdasarkan deskripsi obyek maupun latar-belakang yang terkandung pada gambar tersebut dengan menggunakan komputer. Bentuk dari grafik komputer ini berawal dari grafika komputer 2D yang merupakan bentuk sederhana dari grafik komputer yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D.
            Ilmu komputer mempunyai dua cabang ahli yaitu pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition).  Grafik komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data. Bagian dari grafika komputer meliputi:
1.      Geometri              :  mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang 
2.      Animasi                :  mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan 
3.      Rendering            :  mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya 
4.      Citra (Imaging)     :  mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.


PENGERTIAN PENGOLAHAN CITRA
            Pengolahan Citra (Image Processing) merupakan proses memperbaiki kualitas citra agar mudah diinterpretasi oleh manusia atau komputer. Teknik pengolahan citra dilakukan dengan mentrasformasikan citra menjadi citra lain, misalnya: pemanfaatan citra (image compression). Pengolahan citra merupakan proses awal (preprocessing) dari komputer visi. Pengelompokkan data numerik dan simbolik (termasuk citra) dilakukan secara otomatis oleh komputer agar suatu objek dalam citra dapat dikenali dan diinterpreasi. Pengenalan pola adalah tahapan selanjutnya atau analisis dari pengolahan citra. Citra ada 2 macam:
1.       Citra Kontinyu. Dihasilkan dari sistem optik yang menerima sinyal analog.     Contoh: mata manusia, kamera analog.
2.       Citra Diskrit / Citra Digital dibentuk dari pixel-pixel yang tergabung dalam satu kesatuan yang membentuk sebuah citra yang hanya dapat dibuka dengan komputerisasi.
                                                                                     
MANFAAT GRAFIK KOMPUTER DAN PENGOLAHAN CITRA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Manfaat Grafik Komputer Dalam Kehidupan Sehari-hari :
1.      Bidang hiburan.  Seperti pada film, grafik komputer menghasilkan efek animasi yang baik.
2.      Bidang perancangan. Dikenal adanya software desain grafis seperti auto cad, 3D MAX semuanya akan berlangsung secara mudah dan lebih spesifik dalam perancangan yang akan dibuat. Memperkecil tingkat kesalahan sehingga akan menghasilkan suatu model yang sama seperti aslinya.
3.      Bidang pendidikan.  Grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata, dapat melalui power point ataupun software lainnya.
Manfaat Pengolahan Citra Dalam Kehidupan Sehari-hari :
1.      Bidang kesehatan, digunakan untuk rontgen tubuh manusia yang berfungsi untuk mengetahui ada atau tidaknya kelainan di tubuh.
2.      Bidang visual, bisa digunakan untuk pemotretan lewat satelit, GPS, foto kamera dan lain-lain.
3.      Bidang hiburan, Gambar gambar kartun, yang dibuat bisa bergerak.

           
SUMBER :

http://novelarannie.blogspot.com/2013/09/grafik-komputer-dan-pengolahan-citra.html

2 komentar: